Mencegah Penyakit Jantung Bagi Segala Usia

Jantung merupakan organ tubuh dengan ukuran sebesar kepalan tangan. Walaupun ukurannya begitu kecil, namun organ tubuh yang satu ini berperan sangat penting bagi kehidupan yakni untuk memompa darah dan menyebarkannya ke seluruh anggota tubuh.

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh orang terbesar di dunia yang sudah merenggut nyawa 7,25 juta orang pada tahun 2008 saja.

Tentunya menjaga jantung agar tetap sehat merupakan cara untuk menghindari penyakit jantung yang sangat berbahaya dan mematikan. Untuk Anda yang ingin jantungnya tetap sehat, Anda bisa mengikuti tips berikut untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Mengatur pola makan sehat

Pola makan yang sehat merupakan salah satu cara untuk menghindari penyakit jantung dan stroke. Karenanya, pilihlah makanan yang mengandung sedikit lemak jenuh, lemak trans, dan sodium.

Salah satu pola makan hidup sehat yang Anda bisa jalani adalah dengan memakan

  • Ikan

pepes ikan

Usahakan Anda memakan ikan sedikitnya tiga kali di dalam seminggu. Ikan sangat berperan penting didalam mengindari penyakit jantung, terutama untuk ikan salmon, tuna, dan makarel yang memiliki asam lemak omega-3.

Kombinasi yang kuat antara omega-3, omega-6, dan omega-9 di dalam tubuh sangat baik untuk menjaga jantung agar terhindar dari resiko penyakit jantung.

  • Kacang-kacangan

kacang merah

Memakan kacang-kacangan seperti almond, kacang merah, walnut, dan pistachio adalah salah satu cara untuk menambah lemak sehat di dalam tubuh Anda.

Yang paling mudah adalah, Anda bisa memasak sayur kacang merah karena kacang merah dapat ditemukan dengan mudah di pasar tradisional.

Mejaga kadar kolesterol

Hal ini hampir sama dengan menjaga pola makan yang sehat. Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi di dalam darah membentuk plak yang menutupi daging bagian dalam arteri yang berfungsi memberi nutrisi bagi jantung dan otak.

Arteri yang dipenuhi dengan plak akan membuat peredaran darah akan semakin terhambat. Hal ini akan menyebabkan Anda ada kemungkinan terkena serangan jantung atau stroke.

Sekedar informasi, tidak semua kolesterol jahat. Ada kolesterol baik yang memiliki fungsi yang baik untuk tubuh. Kolesterol berfungsi untuk menghasilkan garam empedu yang berfungsi untuk membantu usus dalam penyerapan lemak.

Tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk menghasilkan vitamin D yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Menjaga kadar kolesterol jahat sangatlah penting untuk menghindari penyakit jantung. Namun bukan berarti Anda harus menghindari kolesterol ya, kolesterol juga dibutuhkan bagi tubuh seperti halnya yang saya tulis pada poin ini.

Aktif bergerak

Usahakan untuk mengajak tubuh agar bergerak di dalam porsi yang dibutuhkan untuk menghindari penyakit jantung. Anda bisa melakukan pergerakan seperti bekerja aataupun berolahraga.

Usahakan untuk berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari, lima hari dalam seminggu untuk menjaga agar jantung tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

Tidak merokok

tidak merokok

Aktifitas merokok sangatlah berbahaya bagi jantung. Bahkan, ada banyak studi dan penelitian yang membuktikan kalau merokok merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

Jika Anda saat ini sudah terlanjur menjadi seorang perokok dan ingin berusaha untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut, Anda bisa mengganti rokok dengan permen, atau cemilan lainnya untuk berusaha mencoba meninggalkan rokok.